Judul Buku | : | Psikologi Perkembangan Anak | |
Pengarang | : | Iriani Indri Hapsari, M.Psi | |
Penerbit | : | PT Indeks, Jakarta | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2016 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 328 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 20 x 25 | |
Berat | : | 750 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 135,000 | DISKON |
Bayar | : | Rp 107.900 | |
Stock | : | 1 |
Psikologi Perkembangan Anak
Pengarang : Iriani Indri Hapsari, M.Psi
Penerbit : Indeks Jakarta
Daftar lsi
BAB 1: PERKEMBANGAN MANUSIA?-1
- Pengertian Perkembangan Manusia-2
- Tahap Perkembangan Manusia-4
- Proses Perkembangan-5
- Aspek-Aspek Perkembangan-6
- Perubahan dan Stabilitas Perkembangan-9
- Perspektif Perkembangan Masa Hidup — 10
- Prinsip-Prinsip dalam Perkembangan-13
- Perkembangan dan Pertumbuhan-16 16
- Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perkembangan-17
Latihan-21
Rangkuman —21
Tes Formatif 1-22
BAB 2: TEORI-TEORI PERKEMBANGAN-25
2.1 Teori Perkembangan Psikoseksual Sigmund Freud (1856-1939)-25
- Teori Perkembangan Freud —25
- Tahap-Tahap Perkembangan Freud-26
- Struktur Kepribadian-33
- Mekanisme Pertahanan Ego-34
2.2 Teori Perkembangan Carl Jung-37
- Teori Perkembangan Carl Jung-37
- Tahap-Tahap Perkembangan Carl Jung-38
2.3 Teori Perkembangan. Erik H. Erikson-41
- Teori Perkembangan Psikososial Erikson-41
2.4 Teori Perkembangan Jean Piaget — 53
- Teori Tahapan Kognitif Piaget— 53
- Tahap-Tahap Perkembangan Piaget-55
- 5 Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence)-56
- Teori Triarki Sternberg —56
- Teori Kecerdasan Menurut Gardner-56
- 6 Teori Perkembangan Bronfenbrenner — 57
- Teori Bioekologi (Bioecological Theory)-57
2.7 Teori Perkembangan Lev Vygotsky — 61
- Fase Perkembangan Vygotsky-61
2.8 Teori Perkembangan Havighurst— 63
- Tugas Perkembangan-63
- Tujuan Tugas Perkembangan-64
- 9 Teori Perkembangan B.f. Skinner-65
- Teori Perilaku —65
2.10 Teori Perkembangan Albert Bandura— 71
- Teori Belajar Sosial-71
Latihan — 74
Rangkuman —74
Tes Formatif 2-76
BAB 3: PERKEMBANGAN PRENATAL-77
3.1 MEMAHAMI MASA PRENATAL —77
- Tahap Perkembangan Prenatal-78
- Faktor Herediter atau'Genetik-84
- Komplikasi Prenatal —90
- Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Prenatal-95
Latihan-100
Rangkuman —100
Tes Formatif 3-101
BAB 4: PROSES KELAHIRAN BAYI-103
4.1 Proses Kelahiran Bayi-103
- Proses Melahirkan — 104
- Tahap Persalinan-104 104
- Jenis Persalinan-107 107
- Peristiwa Terkait Persalinan-112
Latihan-117
Rangkuman —118
Tes Formatif 4-118
BAB 5: PERKEMBANGAN BAYI — 121
5.1. Perkembangan Bayi Neonatal-121
- Karakteristik Bayi Neonatal-122
- Penampilan dan Ukuran Infancy-123
- Penilaian Medis dan Perilaku di Awal Kehidupan Bayi-125
- Tingkat Kewaspadaan Bayi Neonatal-126
- Bahaya pads Bayi Neonatal-127
- 2. Perkembangan Fisik Bayi-129
- Pola Perkembangan Fisik Selama Masa Bayi-130
- Nutrisi pada Bayi-137
5.3. Perkembangan Sensorik & Motorik Bayi-138
- Perkembangan Sistem Sensorik-138
- Perkembangan Motorik — 140
- 4. Perkembangan Kognitif Bayi-146
- Pendekatan Behavioris — 146
- Pendekatan Psikornetrik — 147
- Pendekatan Piagetian-148
- 5. Perkembangan Bahasa Bayi-151
- 6 Perkembangan Sosial Emosi Bayi-163
Latihan-174
Rangkuman-174 174
Tes Formatif 5-176
BAB 6: PERKEMBANGAN USIA PRASEKOLAH-179
6.1 Memahami Usia Prasekolah-179
- Batasan Usia Prasekolah— 179
- Tugas-Tugas Perkembangan Usia Prasekolah— 180
- Ciri-Ciri Perkembangan Anak Usia Prasekolah-183
- Pendidikan Anak Usia Dini-184
6.2 Perkembangan Fisik Anak Usia Prasekolah-190
6.3 Perkembangan Motorik pada Anak Usia Prasekolah-200
6.4 Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Prasekolah-207
- Kemampuan Kognitif yang Dimiliki Anak Usia Prasekolah— 207
- Kemampuan Kognitif yang Belum Berkembang pada Usia Prasekolah— 212
- Memori dalam Pemrosesan Informasi — 215
- Perhatian atau Atensi — 216
- Kecerdasan-219
6.5 Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Prasekolah— 222
- Kosa Kata-223
- Tata Bahasa dan Sintaksis — 224
- Literasi Pada Anak-226
6.6 Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah-228
- Harga Diri — 230
- Memahami Emosi— 230
- Perkembangan Gender-231
- Bermain dan Permainan — 234
- Pola Asuh —238
- Disiplin-238
- Gaya Pengasuhan— 239
- Isu-isu Penting dalam Perkembangan Psikososial Anak— 240
- Hubungan dengan Saudara dan Teman Sebaya-245
Latihan — 246
Rangkuman — 246
Tes Formatif 6 —249
BAB 7: PERKEMBANGAN USIA SEKOLAH-251
- 1 Memahami Anak Usia sekolah — 251
- Karakteristik Kelas Rendah Sekolah Dasar-254
- Karakteristik Kelas Tinggi Sekolah Dasar-255
7.2. Perkembangan Fisik & Motorik Anak Usia sekolah-255
- Perkembangan Fisik-255
- Perkembangan Motorik-257
- Kesehatan-258
7.3 Perkembangan Kognitif Anak Usia sekolah-260
- Perkembangan Kognitif berdasarkan Teori Piaget-260
- Perkembangan Pengertian-262
- Pemrosesan Informasi dan Memori — 265
- Kecerdasan-267
- Bahasa-269
- Literasi-271
- Anak dan Sekolah-272
- Kematangan Sekolah-273
- Permasalahan Belajar pada Anak-278
- Kreativitas — 282
7.4 Perkembangan Sosial & Emosi Anak Usia sekolah-286
- Konsep Diri-287
- Harga Diri-292
- Pertumbuhan Emosi Usia Sekolah-293
- Perilaku Prososial-295
- Perkembangan Moral —299
- Anak dan Keluarga-307
- Anak dan Teman Sebaya-308
- Permasalahan yang Muncul Selama Usia Sekolah-310
Latihan-314
Rangkuman —315
Tes Formatif 7-317
Daftar Pustaka — 319
Tentang Penulis-327
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar