Judul Buku | : | Pengembangan Keterampilan Manajemen | |
Pengarang | : | David A. Whetten – Kim S. Cameron | |
Penerbit | : | PT Indeks, Jakarta | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 460 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 21 x 28 | |
Berat | : | 1.1 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 180,000 | DISKON |
Bayar | : | Rp 143.900 | |
Stock | : | 1 |
Pengembangan Keterampilan Manajemen
Pengarang : David A. Whetten – Kim S. Cameron
Penerbit : Indeks Jakarta
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
PERAN PENTING KETERAMPILAN MANAJEMEN
Pentingnya Menjadi Manajer yang Kompeten
Keterampilan Manajer yang Efektif
Keterampilan Manajemen Utama
Definisi Keterampilan Manajemen
Peningkatan Keterampilan Manajemen
Pendekatan terhadap Pengembangan Keterampilan
Kepemimpinan dan Manajemen
Isi Buku. Ini
Pengaturan Buku Ini
Praktik dan Aplikasi
Keberagaman dan Perbedaan Individual
Rangkuman
MATERI TAMBAHAN
Survei dan Latihan Diagnostik
Personal Assessment of Management Skills / PANTS
Apa yang Diperlukan untuk Menjadi Manajer yang Efektif
SSS Software In-Basket Exercise
KUNCI PENILAIAN DAN DATA PEMBANDING
Penilaian Pribadi terhadap Keterampilan Manajemen
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Apa yang Diperlukan untuk Menjadi Manajer yang Efektif?
SSS Software In-Basket Exercise
BAGIAN I KETERAMPILAN PERSONAL
BAB 1 MENGEMBANGKAN KESADARAN DIRI
PENILAIAN KETERAMPILAN
Survei Diagnostik Kesadaran Diri
Penilaian Kesadaran Diri
Penilaian Kecerdasan Emosi
Defining Issues Test (DIT)
Daftar Gaya Pembelajaran
Lokus Skala Kontrol
Toleransi dalam Skala Ambiguitas
Core Self-Evaluation Scale (CSES)
PEMBE,LAJARAN KETERAMPILAN
Dimensi Utama Kesadaran Diri
Enigma Kesadaran Diri
Batas Kepekaan
Memahami dan Menghargai Perbedaan Individu
Aspek Penting Kesadaran Diri
Kecerdasan Emosi
Nilai
Nilai dan Pengambilan Keputusan Etis
Gaya Belajar
Sikap Terhadap Perubahan
Evaluasi Diri
ANALISIS KETERAMPILAN
Kasus-Kasus yang Melibatkan Kesadaran Diri
Kamp Tahanan Komunis
Ujian Terkomputerisasi
Dilema Keputusan
PRAKTIK KETERAMPILAN
Latihan untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Melalui Pengungkapan Diri Cermin Diri
Mendiagnosis Karakteristik Manajerial
Latihan Mengidentifikasi Aspek Kebudayaan Pribadi: Rencana Pembelajaran dan Autobiografi
PENERAPAN KETERAMPILAN
Aktivitas untuk Mengembangkan Kesadaran Diri
Usulan Tugas
Rencana Penerapan dan Evaluasi
KUNCI PENILAIAN DAN DATA PEMBANDING
Penilaian Kesadaran Diri
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Penilaian Kecerdasan Emosi
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Defining Issues Test (DIT)
Narapidana yang Kabur
Dilema Dokter
Surat Kabar
Daftar Gaya Pembelajaran
Kunci Penilaian
Lokus Skala Kontrol
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Toleransi dalam Skala Ambiguitas
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Skala Evaluasi Diri
Kunci Penilaian
Data Pembanding
BAB 2 MANAJEMEN STRES PRIBADI
PENILAIAN KETERAMPILAN
Survei Diagnostik untuk Mengelola Stres
Penilaian Manajemen Stres
Penilaian Manajemen Stres
Penilaian Manajemen Waktu
Daftar Kepribadian Tipe A
Social Readjustment Rating Scale
Sumber Stres Pribadi
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN
Memperbaiki Manajemen Stres dan Waktu
Peran Manajemen
Elemen Stres Utama
Reaksi terhadap Stres Mengatasi Stres
Mengelola Stres
Pemicu Stres (Stressor)
Menyingkirkan Pemicu Stres
Menyingkirkan Time Stressor Melalui Manajemen Waktu
Menyingkirkan Encounter Stressor Melalui Kolaborasi dan Kecerdasan Emosi Menyingkirkan Situational Stressor Melalui Desain Ulang Pekerjaan Menyingkirkan Anticipatory Stressor Melalui Prioritas, Penetapan Tujuan, dan Kemenangan Kecil
Mengembangkan Ketangguhan
Ketangguhan Fisiologis
Ketangguhan Psikologis
Ketangguhan Social
Teknik Pengurangan Stres Sementara
ANALISIS KETERAMPILAN
Kasus-Kasus Terkait Manajemen Stres
Pasang Surut Air Laut
Kasus Menghilangnya Waktu
PRAKTIK KETERAMPILAN
Latihan Manajemen Stres Jangka Panjang dan Jangka Pendek
Strategi Kemenangan Kecil
Analisis Keseimbangan Hidup
Relaksasi Dalam
Memantau dan Mengelola Waktu
PENERAPAN KETERAMPILAN
Aktivitas untuk Mengelola Stres
Usulan Tugas
Rencana Penerapan dan Evaluasi
KUNCI PENILAIAN DAN DATA PEMBANDING
Penilaian Manajemen Stres
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Penilaian Manajemen Waktu
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Daftar Kepribadian Tipe A
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Social Readjustment Scale
Data PembandingSumber-Sumber Stres Pribadi
BAB 3 PEMECAHAN MASALAH SECARA ANALITIS DAN KREATIF
PENILAIAN KETERAMPILAN
Survei Diagnostik untuk Pemecahan Masalah Secara Kreatif
Pemecahan Masalah, Kreativitas, dan Inovasi
Seberapa Kreatif Dirimu
Skala Sikap Inovatif
Penilaian Gaya Kreatif
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN
Pemecahan Masalah, Kreativitas, dan Inovasi
Langkah-Langkah dalam Pemecahan Masalah Secara Analitis
Mendefinisikan Masalah
Menghasilkan Alternatif
Mengevaluasi Alternatif
Implementasi Solusi
Keterbatasan Model Pemecahan Masalah Secara Analitis
Hambatan Pemecahan Masalah Secara Kreatif
Berbagai Pendekatan terhadap Kreativitas
Hambatan Konseptual
Magnetron Percy Spencer
Lem Spence Silver
Empat Tipe Hambatan Konseptual
Tinjauan Hambatan Konseptual
Mengatasi Hambatan Konseptual
Tahapan Pemikiran Kreatif
Metode Memperbaiki Definisi Masalah
Cara Menghasilkan Lebih Banyak Alternatif
Aturan Internasional
Petunjuk Aplikasi Teknik Pemecahan Masalah
Membina Kreativitas pada Orang Lain
Prinsip-Prinsip Manajemen
ANALISIS KETERAMPILAN
Kasus-Kasus yang Melibatkan Pemecahan Masalah
Kegagalan Laksamana Kimmel di Pearl Harbour
Kreativitas di Apple
PRAKTIK KETERAMPILAN
Aplikasi untuk Mengatasi Hambatan Konseptual
Tugas Individu – Pemecahan Masalah Secara Analitis
Tugas Kelompok – Pemecahan Masalah Secara Kreatif
Menapaki Jenjang Peringkat
Keith Dunn dan Restoran McGuffey's
Latihan Pemecahan Masalah Secara Kreatif
PENERAPAN KETERAMPILAN
Kegiatan Pemecahan Masalah Secara Kreatif
Usulan Tugas
Rencana Penerapan dan Evaluasi
KUNCI PENILAIAN DAN DATA PEMBANDING
Pemecahan Masalah, Kreativitas, dan Inovasi
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Seberapa Kreatif Dirimu?
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Skala Sikap Inovatif
Kunci Penilaian
Penilaian Gaya Kreatif
Kunci Penilaian
PRAKTIK KETERAMPILAN Mengatasi Hambatan Konseptual
Formulir Umpan Balik Pengamat
Jawaban untuk Soal Korek Api dalam Gambar 3.4
Jawaban untuk Teka-teki Shakespeare dalam Gambar 3.5
Beberapa Tema Umum yang Berkaitan dengan Air dan Keuangan (di bawah sub] udul "Mengabaikan Persamaan")
Jawaban untuk Soal "Berilah Nama pada Kapal" dalam Gambar 3.6
Jawaban untuk Soal Sembilan Titik dalam Gambar 3.7
Jawaban untuk Soal Pola Tempelan dalam Gambar 3.8
BAGIAN II KETERAMPILAN INTERPERSONAL
BAB 4 MEMBINA HUBUNGAN DENGAN MENGKOMUNIKASIKAN DUKUNGAN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Survei Diagnostik Komunikasi Suportif
Berkomunikasi secara Suportif
Berkomunikasi secara Suportif
Gaya Komunikasi
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN
Membina Hubungan Interpersonal yang Positif
Pentingnya Komunikasi Efektif
Fokus terhadap Keakuratan
Apakah Mengkomunikasikan Dukungan Itu?
Bimbingan (Coaching) dan Konseling
Masalah Coaching dan Konseling
Sikap Defensif dan Diskonfirmasi
Prinsip Mengkomunikasikan Dukungan
Mengkomunikasikan Dukungan Didasarkan pada Keselarasan, bukan Ketida keselarasan
Mengkomunikasikan Dukungan Bersifat Deskriptif bukan Evaluatif Mengkomunikasikan Dukungan Berorientasi pada Masalah, bukan Berorientasi pada Personal
Mengkomunikasikan Dukungan Menerima, Bukan Menyalahkan Mengkomunikasikan Dukungan Bersifat Spesifik (Berguna), Tidak Global (Tidak Berguna)
Mengkomunikasikan Dukungan Bersifat Konjungtif Bukan Disjungtif Mengkomunikasikan Dukungan Mengakui, Bukan Memungkiri Mengkomunikasikan Dukungan Membutuhkan Upaya Mendengarkan
Secara Sportif Bukan Menyampaikan Pesan Satu Arah
Personal Management Interview
Aturan Internasional
Rangkuman
Pedoman Perilaku
ANALISIS KETERAMPILAN
Beberapa Kasus yang Melibatkan Pembinaan Hubungan Positif
Temukan Orang Lain
Rencana yang Ditolak
PRAKTIK KETERAMPILAN
Latihan Mendiagnosis Masalah Komunikasi dan Mengembangkan Pemahaman United Chemical Company
Byron vs. Thomas
Praktik Mendengar secara Aktif
PENERAPAN KETERAMPILAN
Berbagai Aktivitas Komunikasi Suportif
Usulan Tugas
Rencana Penerapan dan Evaluasi
KUNCI PENILAIAN DAN DATA PEMBANDING
Berkomunikasi secara Suportif
Kunci Penilaian Data Pembanding
Gaya Komunikasi
Data Pembanding
PRAKTIK KETERAMPILAN Mendiagnosis Masalah dan Mengembangkan Pemahaman
Formulir Umpan Balik Pengamat
BAB 5 MERAIH KEKUASAAN DAN PENGARUH
PENILAIAN KETERAMPILAN
Survei Diagnostik untuk Meraih Kekuasaan dan Pengaruh
Meraih Kekuasaan dan Pengaruh
Menggunakan Strategi Mempengaruhi
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN
Membangun Basis Kekuasaan yang Kokoh dan Menggunakan Pengaruh dengan Bijaksana
Pandangan Berimbang mengenai Kekuasaan
Ketiadaan Kekuasaan
Penyalahgunaan Kekuasaan
Strategi Meraih Kekuasaan Organisasi
Perlunya Kekuasaan dan Pemberdayaan
Sumber Kekuasaan Personal
Sumber kekuasaan Berdasarkan Posisi
Mengubah Kekuasaan menjadi Pengaruh
Strategi Mempengaruhi: 3 R
Pro dan Kontra Setiap Strategi
Bersikap Asertif- Menetralisir Usaha Mempengaruhi
ANALISIS KETERAMPILAN
Kasus yang Melibatkan Kekuasaan dan Pengaruh
Manajer Pabrik River Woods
PRAKTIK KETERAMPILAN
Latihan untuk Meraih Kekuasaan
Memperbaiki Kegagalan Kekuasaan dalam Lingkup Manajemen
Latihan Penggunaan Pengaruh secara Efektif
Proposal Ann Lyman
Latihan untuk Menetralisir Usaha Mempengaruhi yang Tidak Diinginkan Cindy's Fast Food
09.00 sampai 49.30
PENERAPAN KETERAMPILAN
Kegiatan Aktivitas untuk Meraih Kekuasaan dan Pengaruh
Usulan Tugas
Rencana Penerapan dan Evaluasi
KUNCI PENILAIAN DAN DATA PEMBANDING
Meraih Kekuasaan dan Pengaruh
Kunci Penilaian
Data Pembanding
Menggunakan Strategi Mempengaruhi
Kunci Penilaian
PRAKTIK KETERAMPILAN Menetralisir Usaha Mempengaruhi
yang tidak Diinginkan
Formulir Umpan Balik Pengamat
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar