Judul Buku | : | Pembelajaran Dan Perkembangan Belajar | |
Pengarang | : | Dr. Khoe Yao Tung, M.Sc.Ed, M.Ed | |
Penerbit | : | PT Indeks, Jakarta | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 491 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 20 x 25 | |
Berat | : | 1050 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 150,000 | DISKON |
Bayar | : | Rp 119.900 | |
Stock | : | 1 |
Pembelajaran Dan Perkembangan Belajar
Pengarang : Dr. Khoe Yao Tung, M.Sc.Ed, M.Ed
Penerbit : Indeks Jakarta
Daftar Isi — ix
Bab 1 Psikologi Pendidikan dan Riset Pendidikan-1
Latar Belakang Historis — 1
Teori dan Praksis Pendidikan. Anak-Anak-6
Mengajar: Antara Senidan Ilmu Pengetahuan-11
Eksplorasi Psikologi Pendidikan-14
Penelitian Psikologi Pendidikan-16
Uji Kompetensi-21
Bab 2 Perkembangan Otak, Kognisi, Sosioemosi, Moral, dan Iman-27
Teori tentang Otak-27
Model Otak Triune-28
Brain-based Learning-35
Teori Kognisi-41
Uji Kompetensi-78
Bab 3 Gaya Belajar, Gaya Berpikir, Kepribadian, dan Temperamen-87
Konsep Inteligensi: dari Tunggal ke Majemuk-87
Intelegensi dan Gaya Belajar-99
Intelegensi dan Keunikan Individu — 104
Uji Kompetensi-115
jawaban — 121
Bab 4 Anak dengan Disabilitas dan Anak yang Cerdas Berbakat-123
Learning Disabilities (LD) — 123
Kesulitan dan Gangguan Pembelajaran-124
Gangguan Fisik —126
Gangguan Inderawi —127
Gangguan Wicara dan Bahasa —130
Autisme —131
Gangguan Emosi dan Perilaku —133
Dimensi Kreatif Pendidikan Anak Berbakat-135
Uji Kompetensi — 144
Bab 5 Pendekatan Belajar Behavioristik dan Sosial Kognitif —151
Definisi Belajar-151
Tokoh Behavorisme yang Memengaruhi Teori Pembelajaran-154
Kelemahan Behaviorisme dan Sesama Behaviorisme-164
Pendekatan Perilaku Kognisi dan Regulasi Diri — 173
Uji Kompetensi — 179
Bab 6 Pembelajaran dengan Pendekatan Pemrosesan Informasi-187
Hakikat Pendekatan Pemrosesan Informasi-187
Perhatian —188
Memori —189
Keterwakilan Informasi dalam Memori — 202
Kepakaran dan Belajar-205
Metakognisi — 208
Uji Kompetensi — 212
Bab 7 Pemrosesan Kognisi yang Kompleks-219
Pengertian Konsep — 219
Pengertian Berpikir-222
Pengajaran dan Kreativitas-227
Problem-based Learning —228
Transfer Pembelajaran-229
Alat Teknologi dan Pemikiran Kritis — 231
Metode Socrates-237
Uji Kompetensi — 239
Bab 8 Pendekatan Pembelajaran Konstruktivis Sosial-245
Pengertian Pembelajaran Konstruktivis Sosial-245
Pembelajaran dan Interaksi Antar Murid — 247
Program-Program Pembelajaran Konstruktivis Sosial-255
Uji Kompetensi-262
Bab 9 Konteks Belajar Membaca, Menulis, Matematika, dan Sains-269
Pengajaran Membaca-269
Membaca: Pendekatan Konstruktivis Sosial-278
Pengajaran Menulis — 282
Pengajaran Matematika-285
Pengajaran Sains — 291
Pengajaran Studi Sosial —294
Uji Kompetensi-297
Bab 10 Pembelajaran, Pengajaran, dan Teknologi Pembelajaran-305
Perencanaan Pelajaran yang Teacher-Oriented-305
Pendekatan Pengajaran Teacher-Centered —308
Pendekatan Pengajaran Student-Centered —312
Teknologi Pembelajaran-315
Pengajaran berbantuan Komputer-323
Discovery Learning-328
Expository Teaching (reception learning)-330
Tyler: Proyek Pengembangan Kurikulum — 332
Uji Kompetensi-334
Bab 11 Motivasi, Mengajar, dan Belajar — 341
Pengertian Motivasi-341
Motivasi dari Perspekstif Perilaku —344
Perspekstif Humanistik tentang Motivasi-345
Pandangan Para Ahli Humanistik tentang Motivasi-346
Teori-teori Motivasi-352
Perspektif Sosial tentang Motivasi-355
Teori Atribusi —357
Ekspetasi — 363
Achievement Motives dalam Konteks Sosial dan Konteks Sosiobudaya-365
Istilah Lain berkenaan. Motivasi Belajar-370
Uji Kompetensi — 371
Bab 12 Manajemen Kelas-379
Manajemen Kelas yang Efektif — 379
Isu Manajemen Kelas-380
Tujuan dan Strategi Manajemen Kelas-382
Menciptakan Lingkungan yang Positif untuk Pembelajaran-390
Uji Kompetensi-401
Bab 13 Tes Terstandar dan Pengajaran-407
Pengertian Tes Terstandar-407
Penilaian dengan PAN dan PAP-408
Validitas dan Reliabilitas-411
Jenis Tes dan Ujian-413
Statistik Deskriptif —414
Uji Kompetensi-421
Bab 14 Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi-427
Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi-427
Penggolongan Tes-429
Analisis Item —435
Penilaian-438
Uji Kompetensi-439
Daftar Pustaka — 443
Lampiran 1-449
Lampiran 2-469
Penulis Buku Ini-493
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar