Judul Buku | : | Pemikiran Pendidikan Islam – Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim | |
Pengarang | : | Abu Muhammad Iqbal | |
Penerbit | : | Pustaka Pelajar | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 677 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 | |
Berat | : | 1 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 150,000 | DISKON |
Bayar | : | Rp 119,900 | |
Stock | : | 1 |
Pemikiran Pendidikan Islam – Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim
Pengarang : Abu Muhammad Iqbal
Penerbit : Pustaka Pelajar
DAFTAR ISI
IBNU SINA:
POKOK-POKOK PEMMRAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM 1
- Sosok Sang Ilmuwan Ibnu Sina - 2
- Hakikat Manusia Menuiut Ibnu Sina - 5
- Beberapa Gagasan Pokok Ibnu Sina Tentang Pendidikan - 6
- Tujuan Pendidikan - 6
- Kurikulum - 8
- Metode Pembelajaran - 11
- Konsep Guru - 13
- Aktualisasi Pemikiran Ibnu Sina di Zaman Sekarang - 14
- Penutup - 16
IBNU TAIMIYAH:
PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS AL-QUR'AN DAN AIHADITS - 18
- Latar Belakang Pemikiran Ibn Taimiyah - 22
- Latar Belakang Eksternal - 22
- Latar Belakang Internal - 27
- Metode Berfikir Ibn Taimiyah - 38
- Kritik Ibn Taimiyah Terhadap Pendidikan Islam Pada Zamannya - 41
- Garis Besar Pemikiran Ibn Taimiyah Tentang Pendidikan - 48
- Konsep Dasar Filsafat Pendidikan Islam - 49
- dan Tujuan Pendidikan - 50
- Metode Pendidikan - 57
- Pendidik dan Subyek Didik - 62
- Hubungan Antara. Murid dan Guru - 63
- Kurikulum Pendidikan. Islam - 68
- Bahasan Pengajaran - 69
- Problematika Pendidikan Islam Modern dan Signifikansi Pemikiran Ibnu Taymiyah - 70
- Reformulasi•Filsafat Pendidikan Islam - 72
- Persoalan Kurikulum Ideal dan Aplikasinya - 75
- Persoalan Eksistensi Pendidikan Islam Sebagai Sub Sistem Dari Sistem Pendidikan Nasional di Negara-Negara Muslim - 79
- Kesimpulan - 82
IMAM AL-GHAZALI:
SOSOK GURU PROFESIONAL YANG IDEAL – 85
- Sosok Pribadi Imam Al-Ghazali - 88
- Konsep Pendidikan Al-Ghazali - 90
- Guru Ideal Menurut Al-Ghazali - 94
- Sosok Guru Profesional Menurut Al-Ghazali - 98
MUHAMMLAD QUTHB:
METODE CERITA DALAM PENDIDIKAN ISLAM – 111
- Mengenal Biografi Muhammad Quthb - 112
- Metode Cerita Menurut Muhammad Quthb - 114
- Aktualisasi Metode Cerita dalam Pendidikan Islam - 119
- Pentingnya Bercerita di Lingkungan Keluarga - 121
- Aktualisasi Metode Cerita dalam Pendidikan Islam pada Keluarga -124
MUHAMMAD ABDUH:
MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM – 128
- Riwayat Hidup Muhammad Abduh - 129
- Pendidikannya - 129
- Berguru dengan Said Jamaluddin al-Afghani - 130
- Menjadi adi Dosen Darul Ulum dan Al-Azhar - 132
- Dibuang ke Syria (Beirut) - 132
- Gerakan Al-Urwdtul Wutsqd - 132
- Menjadi adi Mufti Mesir - 133
- Pembela Islam yang Gagah Berani - 133
- Karya-Karya Muhammad Abduh - 134
- Pengaruh Muhammad Abduh dalam Pemikiran Islam - 135
- Gagasan Pembahanian Pendidikan Islam - 137
- Masa Pra. Pembuangan - 137
- Masa Pembuangan - 143
- Masa Pasca Pembuangan - 145
- Ide-ide Pokok Pemikiran Pendidikan Muhammad Abduh - 147
- Tujuan Pendidikan - 147
- Kurikulum Pendidikan - 149
- Metode Pendidikan - 154
- Penyatuan Ilmu Agama dan Umum dalam Pendidikan - 157
- Penutup - 158
- RASYID RIDHA:
PENDIDIKAN PEREMPUAN DALAM ISLAM - 159
- Riwayat Hidup Muhammad Rasyid Rida - 159
- Islam dan K-emodeman Barat - 163
- Pendidikan Perempuan Menurut Rasyid Ridha - 164
- Penutup - 169
IBNU TUFAIL:
EPISTEMOLOGI ILMU PENGETAHUAN DALAM ISLAM - 170
- Potret Kehidupan Ibnu 'Tufail - 175
- Kehidupan Awal Ibnu Tufail - 175
- Kondisi Sosio-Kultural Masa Hidup Ibnu Tufail - 177
- Sekilas Tentang Kisah Hayy 11m Yaqzhan - 181
- Konsep Epistemologi Ibnu Tufail - 186
- Sumber Pengetahuan - 186
- Metode Perolehan Pengetahuan - 186
- Hakikat Pengetahuan - 189
- Kebenaran Pengetahuan - 189
- Fase-fase Perkembangan Pengetahuan - 190
- Hakikat Manusia Menurut Ibnu Tufail - 193
- Proses Keberadaan Manusia - 193
- Potensi Manusia - 194
- Tujuan Keberadaan Manusia - 195
ABDULLAH NASIH ULWAN:
GURU, KETELADANAN, REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PENDIDIKAN ISLAM - 197
- Potret Kehidupan Abdullah Nashih Ulwan - 203
- Sosok Guru Menurut Abdullah Nashih Ulwan - 204
- Syarat Kepribadian Guru - 206
- Tugas dan Kewajiban Guru - 209
- Keteladanan Menurut Abdullah Nashih Ulwan - 224
- Peranan Keteladanan dalam Pendidikan - 224
- Keteladanan Rasulullah Sebagai Figur Gunn 225
- Keteladanan Orang Tua dalam Mendidik Anak - 236
- Keteladanan Guru - 242
- Konsep Reward dan Punishment Menurut Abdullah Nashih Ulwan - 250
MUHAMMAD IQBAL:
PENDIDIKAN ISLAM MEMBENTUK MANUSIA UTUH - 257
- Biografi Singkat Iqbal - 257
- Lahir dan Masa Kecil Iqbal - 257
- Masa Pendidikan Iqbal - 258
- Perjalanan Karier Iqbal - 259
- Karya-kaiva Iqbal - 261
- Latar Belakang Pemikiran Filsafat Iqbal - 263
- Pemikiran Iqbal dalam Bidang Pembaruan - 266
- Kritik Iqbal Tentang Pendidikan Barat dan Islam Tradisional - 268
- Pemikiran Iqbal Tentang Pendidikan - 272
- Tujuan Pendidikan Islam Menurut Iqbal - 278
- NAQUIB ALATTAS:
MEMBENTUK MANUSIA BERADAB DENGAN PENDIDIKAN ISLAM -283
- Biografi Syed M. Naquib Al-Attas - 287
- Konsep Pendidikan dalam Islam - 293
- . Konsep Ta'dib - 296
- Dasar dan Peranan Pendidik Berta Peserta Didik dalam Pendidikan -305
- Peranan Bahasa - 306
- Metode Pendidikan - 306
- Kurikulum dan Sistem Pendidikan dalam Islam - 307
- Tujuan Pendidikan - 309
- Pandangan yang Memprioritaskan Indhidu - 313
- Manusia Beradab - 314
- Pengembangan Masyarakat - 319
- Ketiadaan Adab - 322
- Manusia Beradab dan Implementasi dalam Pendidikan Islam - 323
- Kesimpulan - 332
SEYYED HOSSEIN NASR:
TANGGUNG JAWAB MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM - 339
- Protret Kehidupan Seyyed Hossein Nasr - 340
- Kehidupan Awal - 340
- Kiprah Seyyed Hossein Nasr dalam Pemikiran Islam - 343
- Karya-karya Seyyed Hossein Nasr - 344
- Tanggung Jawab dan Hak Manusia Menurut Seyyed Hossein Nasr - 346
- Tanggung Jawab Manusia - 348
- Hak Asasi Manusia - 351
- Gagasan Seyyed Hossein Nasr Tentang Dunia Pendidikan Islam - 352
- Arti dan Makna Pendidikan - 353
- Kurikulum - 354
- Tujuan Pendidikan - 354
- Aktualisasi Tanggung Jawab Manusia dalam Pendidikan Islam - 355
- Tanggung Jawab Manusia Terhadap Tuhan - 355
- Tanggung Jawab Manusia Terhadap Dirinya - 357
- Tanggung Jawab Manusia Terhadap Masyarakat - 359
- Tanggung Jawab Manusia Terhadap Alam (Lingkungan) - 362
- Aktualisasi Pemikiran Nasr dalam Lembaga Pendidikan Islam - 364
IMAM AL-ZARNUJI :
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM - 369
- Potret Perjalanan Hidup Al-Zarnuji - 370
- Biografi Singkat - 370
- Latar Belakang Pendidikan al-Zarnuji - 372
- Latar Belakang Sosial Politik - 374
- Hasil Karya al-Zarnuji - 376
- Konsep Pendidikan Al-Zarnuji - 378
- Pembagian Ilmu - 379
- Tujuan Pendidikan - 379
- Metode Pembelajaran - 379
- Persyaratan Mencari Ilmu Menurut Al-Zarnuji - 380
- Cerdas - 381
- Rasa ingin tabu yang tinggi - 382
- Saban - 383
- Biaya - 384
- Petunjuk dari Guru - 384
- '%Nlaktu yang lama - 385
MURTADHA MUTHAHHARI:
IMPLIKASI HIJAB TERHADAP PENDIDIKAN AKHILAK - 386
- Biografi Murtadha Muthahhari - 389
- Pemikiran Murtadha Muthahhari Tentang Hijab - 393
- Definisi Hijab - 393
- Alasan-alasan Perkembangan Hijab dalam Islam - 394
- Batas Hijab dalam Islam - 397
- Hubungan Hijab dengan Pendidikan Akhlak - 399
- Implikasi Hijab Terhadap Pendidikan Akhlak - 403
HASAN AL-BANNA.
PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM - 407
- Biografi Imam Hasan Al-Banna - 408
- Dasar-Dasar Pendidikan Islam - 412
- Tujuan Pendidikan Islam - 414
- Karakteristik Pendidikan Islam - 422
- Metode Pendidikan - 424
- Ruang Lingkup Pendidikan - 428
- Pendidik clan Peserta Didik - 434
- Evaluasi Pendidikan Islam - 435
- Lembaga Pendidikan - 436
- Penutup - 436
SYEH JA’FAR AL-BARZANI:
PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-BARZANJI - 438
- Biografi Singkat Syeh Ja'far Al-Barzanji - 440
- Mengenal Kitab Al-Barzanji - 441
- Pendidikan Akhlak dalam Syair Al-Barzanji - 444
- Pemilihan Guru dan Lingkungan Bagi Peserta Didik - 444
- Kejujuran di Dalam Penyampaian - 446
- Mencari Pasangan Hidup - 447
- Nilai-Nilai Akhlak dalam Syair Al-Barzanji - 448
- Akhlak Dalam Pergaulan - 450
- Akhlak terhadap Anak - 451
- Akhlak kepada Allah SWT - 452
- Akhlak kepada Orang Tua - 453
- Akhlak kepada Profesi - 454
- Akhlak Untuk Selalu. Bermusyawarah - 455
- Akhlak Terhadap Orang yang telah Mendholimi - 456
- Akhlak Terhadap Keluarga - 457
- Akhlak Terhadap Orang Lemah dan Para Pemimpin - 458
- Akhlak dalam Kemarahan - 459
- Akhlak dalam Kesederhanaan - 460
IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH:
POKOK-POKOK PENDIDIKAN ISLAM - 461
- Biografi Ibnu Qayyim AI-Jauziyyah - 462
- Pendidikan Prenatal Menurut Ibnu Qayyim - 464
- Prinsip Dasar Pendidikan Prenatal - 466
- Program Pendidikan Prenatal menurut Ibnu Qayyim - 467
- Faktor yang Mempengaruhi Pendidikan Prenatal Menurut Ibnu Qayyim - 470
- Relevansi Pendidikan Prenatal dengan Pendidikan Islam - 470
- Pendidikan Islam Menurut Ibnu Qayyim
- Pengertian Pendidikan Islam - 471
- Tujuan Pendidikan Islam - 472
- Sasaran Pendidikan Islam - 474
- Pendidik dan Peserta Didik - 481
- Lembaga Pendidikan. Islam - 483
- Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Qayyim - 484
IBNU RUSYD:
PENALARAN BURHANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM - 489
- Riwayat Hidup dan. Karya-Karya Ibn Rusyd - 493
- Biografi Ibn Rusyd - 493
- Karya-Karya Ibn Rusyd - 499
- Wahyu dan Realitas Sebagai Sumber Pengetahuan - 500
- Metode Penalaran Ibnu Rusyd - 502
- Penalaran Burhani Gaya Ibnu Rusyd dalam Pemikiran Pendidikan - 504
- Penerapan Konsep Burhani Ala Ibnu Rusyd dalam. Pendidikan. Islam -510
IBNU KHALDUN:
EPISTEMOLOGI DAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
ISLAM - 513
- Riwayat Hidup Ibnu Khaldun - 514
- Masa Kelahiran Ibnu Khaldun - 514
- Kehidupan Ibnu Khaldun - 519
- Karya-kana Ibnu Khaldun - 524
- Corak Pemikiran Ibnu Khaldun - 526
- Pengertian dan Tujuan Pendidikan Menurut Ibnu Khaldun - 527
- Kurikulum dan Materi Pendidikan - 529
- Reformasi Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun - 530
- Filsafat Sosiologi dan Pendidikan - 531
- Metode Perolehan Ilmu Pengetahuan - 536
- Berfikir (Tafakur) - 536
- Keragu-raguan (Skeptisme) - 537
- Pembiasaan (Ta'wid) - 538
- Klasifikasi Ilmu Pengetahuan Menurut Ibnu Khaldun - 538
- Ilmu Naqliyah - 538
- Ilmu Aqliyyah - 540
- Sistem Pendidikan Islam Non Dikotomi Ibnu Khaldun - 546
- Metode Pembelajaran Ibnu Khaldun - 548
- Metode Pentahapan (Tadarrul) - 551
- Metode Pengulangan (Tikrari) - 552
- Metode Kasih Sayang (Al-Qurb Wa Al-Muyanah) - 552
- Metode Peninjauan Kematangan Usia Dalam Mengajarkan Al-Qur'an - 553
- Metode Penyesuaian dengan Fisik dan Psikis Peserta Didik - 554
- Metode Kesesuaian dengan Perkembangan Potensi Peserta Didik -556
- Metode Penguasaan Satu Bidang - 557
- Metode Widya-wisata (Rihlah) - 558
- Praktek/Latihan (Tadrib) - 559
- Metode Menghindari Peringkasan Buku (Ikhtisar At-Turuk) - 560
MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI:
GAGASAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM - 563
- Biografi Muhammad 'Athiyah Al-Abrasyi - 564
- Pengertian Pendidikan Islam - 566
- Dasar-Dasar Pendidikan Islam Menurut Athiyyah Al-Abrasvi - 569
- Tujuan Pendidikan Islam - 574
- Konsep 'Athiyah Al-Abrasyi Tentang Pendidikan Akhlak dalam Islam -
FAZLUR RAHMAN:
PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM - 585
- Biografi Fazlur Rahman - 590
- Periode Pertumbuhan - 590
- Muncul di Depan Publik - 593
- Periode Puncak Karier - 598
- Pendidikan Sebagai Alternatif Pembaharuan - 606
- Paradigms Normatif Pendidikan Islam - 609
- Al-Qur'an Sebagai Sumber Konsep Pendidikan - 609
- Pencerahan Moral dan Karakter Inteletktualisme Islam - 612
- Upaya Pembaharuan Pendidikan Islam - 616
- Tujuan Pendidikan Islam - 616
- Sistem Pendidikan - 618
- Anak Didik - 620
- Pendidik - 622
- Sarana Pendidikan - 624
- Langkah-Langkah Rekonstruksi Sains-Sains Islam - 625
- Metodologi Penafsiran Al-Qur'an - 627
ISMAIL RA'JI AL-FARUQI:
TAUHID, ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN DAN KURIKULUM PENDIDIKAN - 632
- Biografi Singkat dan Karya Al-Far-uqi - 635
- Pemikiran Al-Far-uqi Tentang Tauhid - 640
- Tauhid Sebagai Prinsip Keluarga dan Pendidikan Akhlak - 642
- Islamisasi Ilmu Pengetahuan Ismail Raji Al-Faruqi - 645
- Kurikulum Pendidikan Islam - 648
DAFTAR PUSTAKA - 655
TENTANG PENULIS - 678
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar