Selamat datang di toko Buku Online kami Buku Diskon,Murah Ajibayustore

Jumat, 08 Januari 2016

Filsafat Sains, Hamdani

 AJIBAYUSTORE Judul Buku : Filsafat Sains Pengarang : Drs. Hamdani, MA Penerbit : Pustaka Setia
Judul Buku
:Filsafat Sains
Pengarang:Drs. Hamdani, MA
Penerbit:Pustaka Setia
Cetakan:Cetakan Ke-1
Tahun Terbit:2011
Bahasa:Indonesia
Jumlah Halaman:306
Kertas Isi:HVS
Cover:Soft
Ukuran:16 x 24
Berat:300
Kondisi:Baru
Harga:Rp  37,000diskon 20%
Bayar:Rp 29,600
Stock:1

Filsafat Sains
Pengarang : Drs. Hamdani, MA
Penerbit : Pustaka Setia
BAB 1 PENDAHULUAN — 19
A. Faktor-faktor Penclorong Timbulnya Filsafat dan Ilmu — 19
1. Manusia merupakan Makhluk yang Berakal Budi -- 19
2. Manusia Memiliki Rasa Kagum (Thauma) pada. AlamSemestadan Isinya ---
3. Manusia Senantiasa Menghadapi Masalah 20
B. Dimensi Ilmu: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi 21
1. Ontologi --- 21
2. Epistemologi (Epistemology) ---- 22
3. Aksiologi (Axiology) -- 24
C Perbedaan Ilmu dengan Pengetahuan — 25
1. Pengetahuan (Knowledge) — 25
2. Pengetahuan Sistematis ---- 27
3. Pemikiran --- 29
4. Dapat Dikontrol secara Kritis oleh Orang Lain atau Umum (Objektif) ---- 29
5. Objek Ilmu --- 32
6. Bentuk-bentuk Pernyataan --- 33
7. Ragam-ragam Proposisi -- 34
8. Ciri-ciri Pokok Ilmu ---- 35
D Periodisasi Perkembangan Pemikiran Filsafat --- 36
1. Zaman Pra-Yunani Kuno (Zaman Batu) -- 36
2. Zaman Yunani Klasik --- 36
3. Zaman Abad Pertengahan --- 37
4. Zaman Renaisans -- 37
5. Zaman Modern -- 38
6. Zaman Kontemporer (Abad ke-20) 38
E. Prinsip-prinsip Metodologi ---- 38
1. Unsur-unsur Metodologi --- 38
2. Cara Penemuan Kebenaran --- 39
3. Definisi Kebenaran ---- 39
F. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah -- 40
1. Pembelajaran ---- 43
2. Teknik Bertanya dan Pertanyaan Produktif -- 45
BAB 2 SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN 51
A Sejarah Islam --- 51
1. Matematika ---- 53
2. Aritmetika ---- 54
3. Aljabar ---- 54
4. Aritmetika Bisnis ---- 54
5. Faraid (Cabang Aritmetika) -- 54
6. Ilmu Ukur 54
7. Geometri 55
8. Optika --- 55
9. Astronomi ---- 55
10. Tabel-tabel Astronomi ---- 56
11. Fisika -- 56
12. Ilmu Kedokteran -- 57
13. Ilmu Pertanian --- 57
14. Ilmu Kimia ---- 58
B. Dinamika Perjalanan Sejarah Ilmu Pengetahuan 58
1. Manusia, Akal, dan Moral -- 59
2. Kegunaan Pengetahuan Sains -- 60
BAB 3 FILSAFATSEBAGAILANDASAN ILMU PENGETAHUAN —63
A Sejarah Perkembangan Filsafat — 63
1. Filsafat Barat 64
2. Filsafat Timur 66
3. Filsafat Zaman Islam -- 67
B. Filsafat sebagai Induk Ilmu Pengetahuan — 69
1. • Pendekatan dalam Mempelajari Filsafat -- 71
2. Sudut Pandang terhadap Filsafat -- 72
3. Ciri-ciri Filsafat ---- 72
4. Objek Filsafat --- 74
5. Sistematika Filsafat ---- 75
BAB 4 PERBEDAAN ANTARA PENGETAHUAN DAN ILMU 79
A Hakikat Pengetahuan -- 79
1. Teori tentang Pengetahuan -- 79
2. Mungkinkah Manusia Mempunyai Pengetahuan? 81
3. Sumber dan Alat Pengetahuan 82
4. Sumber dan Alat Pengetahuan 84
5. Dasar-dasar Pengetahuan -- 86
B. Menjadi Manusia Berpengetahuan -- 89
1. Makna Berpikir -- 93
2. Makna Pengetahuan bagi Manusia -- 95
3. Berpikir dan Pengetahuan --- 96
4. Tingkatan dalam Pengetahuan -- 98
C. Penjelasan tentang Ilmu Pengetahuan 98
1. Objek Ilmu Pengetahuan - 99
2. Metode dalam Ilmu Pengetahuan 99
3. Hakikat Ilmu Pengetahuan 100
4. Ciri-ciri Ilmu Pengetahuan 102
5. Fungsi dan Tujuan Ilmu Pengetahuan -- 103
6. Struktur Ilmu Pengetahuan -- 104
BAB 5 CARA KERJA ILMU DAN ARGUMENTASI ILMIAH 107
A Aktivitas dan Sikap Ilmiah -- 107
1. Ciri-ciri Ilmu Modern ---- 109
2. Paradigms Ilmu Modern menurut Beberapa Aliran 110
B. Tingkat Kebenaran Ilmu 112
1. Keterbatasan Ilmu 115
2. Epistemologi Ilmu 117
3. Pengetahuan Manusia - 117
4. Sumber-sumber Pengetahuan - 120
5. Ilmu dan Moralitas -- 121
6. Beberapa Asumsi dalam Ilmu 124
7. Batas-batas Penjelajahan Ilmu 125
8. Unsur-unsur Usaha Ilmiah -- 126
C. Problem-problem dalam Ilmu ---- 127
1. Cornelius Benjamin ---- 128
2. Michael Berry 129
3. Victor Lenzen 129
4. J. J. C. Smart --- 129
5. Frederick Suppe -- 129
6. D.W.Theobald -- 130
7. W. H. Walsh --- 130
8. Walter Weimer --- 130
9. Philip Wiener ---- 131
D. Teori dan Generalisasi Konsep-konsep --- 138
1. Fakta dan Konsep ---- 138
2. Proposisi dan Asumsi ---- 142
3. Definisi/Batasan ---- 144
4. Paradigma --- 145
5. Objek Ilmu ---- 146
E. Pembagian dan Pengelompokan llmu 147
1. Penjelasan Ilmiah ---- 149
2. Sikap Ilmiah --- 150
3. Ide Dasar Netralitas Ilmu -- 151
4. Menyoal Netralitas Ilmu -- 153
F. Hubungan Aksiologi Ilmu dan Netralitas Ilmu -- 158
1. Aksiologi dan Nilai Ilmu -- 160
2. Perbeclaan dan Fungsi Ilmu -- 161
3. Teori tentang Nilai --- 161
G. Metode Ilmiah dalam Ilmu Pengetahuan --- 162
BAB 6 KARAKTERISTIK BERPIKIR ILMIAH — 165
A Metodologi Keilmuan Sebuah Pengenalan Awal -- 165
1. Ilmu dan Jenis-jenisnya --- 165
2. Ajaran Keilmuan (Reseptif) --- 168
3. Ilmu sebagai Penelitian (Aktif) --- 168
B. Objek Ilmu dan Kewajiban Manusia -- 171
1. Definisi Sains 172
2. Manfaat Sains 173
3. Struktur Ilmu 174
C. Konsep,Teori, dan Paradigma -- 178
1. Konsep ---- 178
2. Teori dan Paradigma -- 180
3. Teori Apriori yang Berkategori Normatif dan Teori Aposteriori yang Berkategori Positif ---- 184
4. Teori-teori Berparadigma Aristotelian ---- 186
5. Teori-teori Berparadigma Galilean ---- 188
6. Positivisme ---- 189
7. Mempertanyakan Penggunaan Metodologi Monisme Kaum Positives dalam Kajian-kajian Sosial ---- 191
D. Konsep Ilmu Pengetahuan ---- 193
1. Hakikat Ilmu ---- 194
2. Sumber Ilmu Pengetahuan --- 197
3. Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan ---- 200
4. Manfaat Ilmu Pengetahuan ---- 202
5. Tujuan Ilmu Pengetahuan ---- 203
6. Ilmu Bebas Nilai ---- 204
E. Antara Teori Kritis dan Teori Ilmiah ---- 205
1. Teori-teori Kritis ---- 207
2. Tujuan Teori-teori Kritis -- 207
3. Struktur Kognitif dan Objektivitas --- 209
4. Pembuktian Empiric dalam Teori-teori Kritis ---- 212
5. Valiclitas dan Kelebihan Teori Kritis --- 214
BAB 7 PERANAN FILSAFAT DALAM PENDIDIKAN SAINS 217
A Landasan Filosofis Pendidikan -- 217
1. Filsafat dan Pendidikan --- 217
2. Kebutuhan Filsafat dan Pendidikan -- 218
3. Filsafat Pendidikan Islam --- 219
4. Pandangan Filsafat Naturalisme terhadap Pendidikan --- 221
B. Pentingnya Landasan Filsafat dalam Pendidikan Sains --- 222
1. Landasan Social dan Individual Pendidikan --- 222
2. Teori Pendidikan Memadu Jalinan antara lImu dan Seni ---- 223
3. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan ---- 226
4. Peclagogik sebagai Ilmu Murni Menelaah Fenomena Pendidikan ---- 226
5. Dasar-dasar Filsafat Ilmu Pendidikan --- 228
C. Paradigms Baru Belajar Sains di Sekolah --- 230
1. Pengertian Sains --- 231
2. Keterampilan Generik Sains ---- 235
3. Keterampilan Generik Sains dan Konsep Sains -- 238
4. Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Generik Sains ---¬239
5. Manfaat Keterampilan Generik bagi Siswa --- 239
6. Pengamatan (Survei) Lingkungan --- 242
D. Kedudukan dan Pemanfaatan Teknologi ---- 243
1. Kedudukan IT bagi Pendidikan ---- 243
2. Pemanfaatan IT bagi Pendidikan ---- 244
3. Perkembangan Pendidikan pada Era Globalisasi -- 246
BAB 8 ETIKA ILMU DAN PERKEMBANGAN PERADABAN MANUSIA
A. Ilmu Pengetahuan dan Etika --- 247
Etika: Ilmu tentang Moralitas ---- 248
B. Sains dan Peradaban Manusia ---- 251
1. Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Pola Kemasyarakatan Alienasi ----
2. Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Masyarakat Heteronomi --- 254
3. Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Pola Kemasyarakatan Hegemoni ----
4. Pengaruh Perkembangan Iptek terhadap Pola Kemasyarakatan Hedonisme ---- C. Perkembangan Iptek dalam Pembangunan Lingkungan ---- 256
1. Peran Iptek dalam Bidang Ekonomi --- 257
2. Peran Iptek dalam Bidang Sosial -- 257
3. Peran Iptek dalam Bidang Budaya --- 258
4. Peran Iptek dalam Menclukung Pertahanan Negara -- 258
5. Peran Iptek dalam Lingkungan ---- 259
6. Peran Iptek untuk Meningkatkan Kesejahteraan -- 259
7. Peran Iptek dalam Era Globalisasi --- 261
8. Dampak Negatif atas Penyalahgunaan Iptek -- 261
D. Westernisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer ---- 265
1. Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer 266
2. Antara Kaidah Moral dan Ilmu Pengetahuan 269
3. Hubungan antara Penggunaan Ilmu dan Kaidah Moral ---- 270
4. Penerapan Hubungan antara Penggunaan Ilmu dan Kaidah Moral ---- 272
E. Kemajuan Ilmu Modern ---- 273
F. Islam, Peradaban, dan Kemajuan Ilmu Pengetahuan --- 276
1. Masjid sebagai Lembaga Pendidikan Nonformal ---- 279
2. Kedudukan Ilmu Pengetahuan dalam Islam --- 282
3. Sumbangan Peradaban Islam pada Perkembangan Ilmu 283
DAFTAR PUSTAKA — 285


Share This Article


0 comments:

Posting Komentar

Copyright © 2015. AJIBAYUSTORE - All Rights Reserved ALAMAT JALAN KEBANGKITAN NASIONAL TOKO BUKU NO.81 SOLO JAWA TENGAH KONTAK:0857 2823 4422
Creating Website Miko Bayu Saputra