: | Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah | ||
Pengarang | : | Drs. Daryanto | |
Penerbit | : | Gava Media | |
Cetakan | : | Cetakan Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 174 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14 x 21 | |
Berat | : | 300 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 41,000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp 32.800 | |
Stock | : | 1 |
Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah
Pengarang : Drs. Daryanto
Penerbit : Gava Media
DAFTAR ISI
Pengarang : Drs. Daryanto
Penerbit : Gava Media
DAFTAR ISI
BAB 1 KONSEP BUDAYA DAN IKLIM SEKOLAH
1. Pengertian dan Latar Belakang
2. Karakteristik Budaya Sekolah
3. Kegiatan Budaya Sekolah yang masih sering dilakukan di Sekolah
4. lklim Sekolah
5. Tujuan dan Manfaat Pengembangan Budaya Sekolah
6. Model Pengembangan Budaya dan lklim Sekolah
7. Prinsip-Prinsip Pengembangan Budaya dan lklim Sekolah
8. Asas-Asas Pengembangan Budaya dan lklim Sekolah
1. Pengertian dan Latar Belakang
2. Karakteristik Budaya Sekolah
3. Kegiatan Budaya Sekolah yang masih sering dilakukan di Sekolah
4. lklim Sekolah
5. Tujuan dan Manfaat Pengembangan Budaya Sekolah
6. Model Pengembangan Budaya dan lklim Sekolah
7. Prinsip-Prinsip Pengembangan Budaya dan lklim Sekolah
8. Asas-Asas Pengembangan Budaya dan lklim Sekolah
BAB 2 INDIKATOR DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA DAN IKLIM SEKOLAH
1. Penclahuluan
2. Penataan Lingkungan Fisik Sekolah
A. Perawatan Fasilitas Fisik Sekolah
B. Penataan Ruang Kelas
C. . Penggunaan Sistem Kelas Berpindah (Moving-Class)
D. Penggunaan Poster Afirmasi
3. Penataan Lingkungan Sosial Sekolah
A. Penciptaan Keamanan di Lingkungan Sekolah
B. Penciptaan Relasi Kekeluargaan dan Kebersamaan
4. Penataan Personil Sekolah
A. Pemberian Ganjaran Positif bagi Karya Terbaik Siswa
B. Pengembangan Rasa Memiliki terhadap Sekolah
C. Pemberian Jaminan atas Kesejahteraan Siswa
D. Akseptabilitas Guru terhadap Metode Pembelajaran Terbaru
E. Harapan Yang Tinggi untuk Berprestasi
5. Penataan Lingkungan Kerja Sekolah
A. Pengaturan Jadwal Acara dan Aktivitas Sekolah
B. Penciptaan Budaya Kerja
C. Peningkatan Akuntabilitas
1. Penclahuluan
2. Penataan Lingkungan Fisik Sekolah
A. Perawatan Fasilitas Fisik Sekolah
B. Penataan Ruang Kelas
C. . Penggunaan Sistem Kelas Berpindah (Moving-Class)
D. Penggunaan Poster Afirmasi
3. Penataan Lingkungan Sosial Sekolah
A. Penciptaan Keamanan di Lingkungan Sekolah
B. Penciptaan Relasi Kekeluargaan dan Kebersamaan
4. Penataan Personil Sekolah
A. Pemberian Ganjaran Positif bagi Karya Terbaik Siswa
B. Pengembangan Rasa Memiliki terhadap Sekolah
C. Pemberian Jaminan atas Kesejahteraan Siswa
D. Akseptabilitas Guru terhadap Metode Pembelajaran Terbaru
E. Harapan Yang Tinggi untuk Berprestasi
5. Penataan Lingkungan Kerja Sekolah
A. Pengaturan Jadwal Acara dan Aktivitas Sekolah
B. Penciptaan Budaya Kerja
C. Peningkatan Akuntabilitas
BAB 3 STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA DAN IKLIM SEKOLAH
1. Pendahuluan
2. Lingkungan Fisik Kelas
A. Pengaturan Meja-Kursi
B. Pemajangan Gambar dan Warna
C. Pemanfaatan Musik
3. Penataan Ruang Kelas sebagai Sentra Belajar
4. Pengelolaan Aktivitas Belajar Siswa
5. Pengelolaan Waktu
6. Penciptaan Atmosfir Belajar
7. Penerapan Strategi Pembelajaran
8. Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar
9. Penilaian Hasil Belajar
1. Pendahuluan
2. Lingkungan Fisik Kelas
A. Pengaturan Meja-Kursi
B. Pemajangan Gambar dan Warna
C. Pemanfaatan Musik
3. Penataan Ruang Kelas sebagai Sentra Belajar
4. Pengelolaan Aktivitas Belajar Siswa
5. Pengelolaan Waktu
6. Penciptaan Atmosfir Belajar
7. Penerapan Strategi Pembelajaran
8. Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar
9. Penilaian Hasil Belajar
BAB 4 TATA TERTIB DAN KEDISPILINAN DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN BUDAYA DAN IKLIM SEKOLAH
1. Pendahuluan
2. Penyusunan Tata Tertib Sekolah
3. Sosialisasi Tata Tertib
4. Penegakan Tata Tertib
1. Pendahuluan
2. Penyusunan Tata Tertib Sekolah
3. Sosialisasi Tata Tertib
4. Penegakan Tata Tertib
BAB 5 PENGHARGAAN DAN INSENTIF DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA DAN IKLIM SEKOLAH
1. Konsep Pemberian Penghargaan dan Insentif
2. Bentuk-Bentuk Penghargaan dan Insentif
3. Indikator yang Perlu Diperhatikan dalam Pemberian Penghargaan dan Insentif
1. Konsep Pemberian Penghargaan dan Insentif
2. Bentuk-Bentuk Penghargaan dan Insentif
3. Indikator yang Perlu Diperhatikan dalam Pemberian Penghargaan dan Insentif
BAB 6 KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA DAN IKLIM SEKOLAH
1. Pendahuluan
2. Pemimpin Pendidikan
A. Peran Pemimpin dalam Mengembangkan Sebuah Budaya Mutu
B. Kerjasama Tim bagi Mutu
2. Membangun Moral Kerja
3. Kebijakan dan Prosedur
4. Tujuan yang Jelas dan Sasaran yang Didefinisikan dengan Baik
5. Membangun Semangat Kerja yang Solid
6. Kepemimpinan dalam Pemberdayaan, Kemandirian dan Otonomi
7. Komunikasi, Inisiatif dan Fleksibilitas
1. Pendahuluan
2. Pemimpin Pendidikan
A. Peran Pemimpin dalam Mengembangkan Sebuah Budaya Mutu
B. Kerjasama Tim bagi Mutu
2. Membangun Moral Kerja
3. Kebijakan dan Prosedur
4. Tujuan yang Jelas dan Sasaran yang Didefinisikan dengan Baik
5. Membangun Semangat Kerja yang Solid
6. Kepemimpinan dalam Pemberdayaan, Kemandirian dan Otonomi
7. Komunikasi, Inisiatif dan Fleksibilitas
BAB 7 BUDAYA MALU BALI SEORANG GURU
1. Pengantar
2. Budaya Malu yang Mesti Ditumbuhkan dari Seorang Guru
3. Penyakit-Penyakit yang Harus Diwaspadai Guru
1. Pengantar
2. Budaya Malu yang Mesti Ditumbuhkan dari Seorang Guru
3. Penyakit-Penyakit yang Harus Diwaspadai Guru
BAB 8 PENCIPTAAN DAN KELANGSUNGAN BUDAYA YANG BAIK
1. Umum
2. Menggambarkan dan Menganalisis Budaya Suatu Sekolah
3. Budaya yang Baik di dalam "Self-Managing School"
4. Manifestasi Nyata dari Nilai-Nilai dan Keyakinan
5. Budaya Pengelolaan Mandiri (Self-Management)
6. Inti dari Budaya Pengelolaan Mandiri
7. Beberapa Pola Tingkah Laku yang Mencerminkan Inti Pengelolaan Mandiri
8. Perubahan Budaya pads Tingkat Sekolah
1. Umum
2. Menggambarkan dan Menganalisis Budaya Suatu Sekolah
3. Budaya yang Baik di dalam "Self-Managing School"
4. Manifestasi Nyata dari Nilai-Nilai dan Keyakinan
5. Budaya Pengelolaan Mandiri (Self-Management)
6. Inti dari Budaya Pengelolaan Mandiri
7. Beberapa Pola Tingkah Laku yang Mencerminkan Inti Pengelolaan Mandiri
8. Perubahan Budaya pads Tingkat Sekolah
DAFTAR PUSTAKA
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar