Judul Buku | : | Kepelatihan Olahraga | |
Pengarang | : | Prof. Drs. Harsono, M.Sc. | |
Penerbit | : | Remaja Rosdakarya | |
Cetakan | : | Cetakan Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 227 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 | |
Berat | : | 400 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 56,000 | DISKON |
Bayar | : | Rp 44.700 | |
Stock | : | 1 |
Kepelatihan Olahraga – Teori Dan Metodologi
Pengarang : Prof. Drs. Harsono, M.Sc.
Penerbit : Remaja Rosdakarya
Daftar Isi vii
Pengarang : Prof. Drs. Harsono, M.Sc.
Penerbit : Remaja Rosdakarya
Daftar Isi vii
BAB I — 1
TUGAS DAN PERAN PELATIH — 3
• Pendahuluan — 3
• Pentingnya Pelatih — 4
• Peranan IPTEK — 5
• Coaching sebagai Ilmu dan Seni 7
• Falsafah dan Peran Pelatih — 7
• Tipe Kepribadian Pelatih 26
• Rangkuman — 31
• Latihan dan Pertanyaan 31
TUGAS DAN PERAN PELATIH — 3
• Pendahuluan — 3
• Pentingnya Pelatih — 4
• Peranan IPTEK — 5
• Coaching sebagai Ilmu dan Seni 7
• Falsafah dan Peran Pelatih — 7
• Tipe Kepribadian Pelatih 26
• Rangkuman — 31
• Latihan dan Pertanyaan 31
BAB II — 35
PRINSIP-PRINSIP LATIHAN 37
• Pendahuluan — 37
• Apa Training itu? — 38
• Tujuan Training — 39
• Penambahan Beban 52
• Overtraining — 56
• Perkembangan Menyeluruh — 57
• Overtraining — 56
• Perkembangan Menyeluruh — 57
• Pelibatan dalam Beragam Aktivitas — 57
• ldentifikasi Dini Potensi Olahraga — 59
• Interdependensi — 60
• Prinsip Individualisasi — 64
• Masalah Pribadi — 66
• Program Latihan Atlet Elit dan Pemula 67
• Ceders — 81
• Pembelajaran Tradisional — 81
• Prinsip Spesifik (Specificity) — 83
• Nyeri Otot — 88
• Prinsip Pemulihan (Recovery) 89
• Asas Overkompensasi — 94
• Penurunan Beban (Unloading) 100
• Volume Latihan 101
• Latihan Rileksasi 105
• Tes-Tes Uji Coba 108
• Jadwal Uji-Coba Tanding — 110
• Hal-hal Lain yang Perlu Diperhatikan — 111
• Adaptasi Latihan — 111
• Pemanasan (Warming-Up) — 113
• Prosedur Pelaksanaan — 114
• Waktu Pemanasan — 118
• Staleness — 127
• Metode Bagian dan Keseluruhan — 133
• Belajar melalui Praktik — 135
• Beban Latihan yang Realistik — 136
• Pemberian Penjelasan 137
• Mengkoreksi Kesalahan 137
• Penataan Rencana Latihan — 139
• Ringkasan — 144
• Latihan dan Pertanyaan — 145
PRINSIP-PRINSIP LATIHAN 37
• Pendahuluan — 37
• Apa Training itu? — 38
• Tujuan Training — 39
• Penambahan Beban 52
• Overtraining — 56
• Perkembangan Menyeluruh — 57
• Overtraining — 56
• Perkembangan Menyeluruh — 57
• Pelibatan dalam Beragam Aktivitas — 57
• ldentifikasi Dini Potensi Olahraga — 59
• Interdependensi — 60
• Prinsip Individualisasi — 64
• Masalah Pribadi — 66
• Program Latihan Atlet Elit dan Pemula 67
• Ceders — 81
• Pembelajaran Tradisional — 81
• Prinsip Spesifik (Specificity) — 83
• Nyeri Otot — 88
• Prinsip Pemulihan (Recovery) 89
• Asas Overkompensasi — 94
• Penurunan Beban (Unloading) 100
• Volume Latihan 101
• Latihan Rileksasi 105
• Tes-Tes Uji Coba 108
• Jadwal Uji-Coba Tanding — 110
• Hal-hal Lain yang Perlu Diperhatikan — 111
• Adaptasi Latihan — 111
• Pemanasan (Warming-Up) — 113
• Prosedur Pelaksanaan — 114
• Waktu Pemanasan — 118
• Staleness — 127
• Metode Bagian dan Keseluruhan — 133
• Belajar melalui Praktik — 135
• Beban Latihan yang Realistik — 136
• Pemberian Penjelasan 137
• Mengkoreksi Kesalahan 137
• Penataan Rencana Latihan — 139
• Ringkasan — 144
• Latihan dan Pertanyaan — 145
BAB III — 147
MENETAPKAN SASARAN (GOAL SETTING) 149
• Pendahuluan — 149
• Pentingnya Sasaran — 150
• Kriteria Penetapan Sasaran — 152
• Sasaran Harus Challenging — 158
• Performance dan Outcome Goals — 162
• Umpan Balik (Feedback) — 164
• Lembar Evaluasi — 165
• Tujuan Bersama — 167
• Pesan Sponsor — 168
• Langkah-Langkah Sebelum — 169
• Menetapkan Sasaran — 169
• Ringkasan — 171
• Latihan dan Pertanyaan — 173
MENETAPKAN SASARAN (GOAL SETTING) 149
• Pendahuluan — 149
• Pentingnya Sasaran — 150
• Kriteria Penetapan Sasaran — 152
• Sasaran Harus Challenging — 158
• Performance dan Outcome Goals — 162
• Umpan Balik (Feedback) — 164
• Lembar Evaluasi — 165
• Tujuan Bersama — 167
• Pesan Sponsor — 168
• Langkah-Langkah Sebelum — 169
• Menetapkan Sasaran — 169
• Ringkasan — 171
• Latihan dan Pertanyaan — 173
BAB IV — 175
PERENCANAAN PROGRAM PELATIHAN 177
• Pendahuluan — 177
• Tahap-Tahap Latihan — 178
• Siklus Makro dan Siklus Mikro — 179
• Tahap Persiapan — 180
• Diagnosa Medik dan Fisik — 180
• Tahap Persiapan Umum (TPU) — 180
• Pertandingan Uji-Coba — 183
• Tahap Persiapan Khusus (TPK) — 183
• Tahap Pertandingan (TPP dan TPUT) — 185
• Tahap Pra-Pertandingan (TPP) — 187
• Tahap Pertandingan Utama (TPUT) — 189
• Tahap Unloading — 192
• Tahap Transisi (Peralihan) — 193
• Ringkasan — 194
• Latihan dan Pertanyaan 196
PERENCANAAN PROGRAM PELATIHAN 177
• Pendahuluan — 177
• Tahap-Tahap Latihan — 178
• Siklus Makro dan Siklus Mikro — 179
• Tahap Persiapan — 180
• Diagnosa Medik dan Fisik — 180
• Tahap Persiapan Umum (TPU) — 180
• Pertandingan Uji-Coba — 183
• Tahap Persiapan Khusus (TPK) — 183
• Tahap Pertandingan (TPP dan TPUT) — 185
• Tahap Pra-Pertandingan (TPP) — 187
• Tahap Pertandingan Utama (TPUT) — 189
• Tahap Unloading — 192
• Tahap Transisi (Peralihan) — 193
• Ringkasan — 194
• Latihan dan Pertanyaan 196
BAB V — 199
OLAHRAGA ANAK-ANAK 201
• Karakteristik Pertumbuhan dan Perkembangan Anak 202
• Early dan Late Maturers/Developers — 202
• Mengapa Olahraga Anak-Anak? — 204
• Modifikasi Olahraga — 205
• Karakteristik Anak — 207
• Pertandingan — 208
• Intensitas Latihan — 209
• Ceders (injury) — 209
• Latihan Beban (Weight Training) — 210
• Pro dan Con Program Latihan — 210
• untuk Anak-Anak di Klub — 210
• Penelitian — 211
• Perspektif — 212
• Perbedaan antara Anak dan Orang Dewasa 213
• Identifikasi Dini Potensi Olahraga — 216
OLAHRAGA ANAK-ANAK 201
• Karakteristik Pertumbuhan dan Perkembangan Anak 202
• Early dan Late Maturers/Developers — 202
• Mengapa Olahraga Anak-Anak? — 204
• Modifikasi Olahraga — 205
• Karakteristik Anak — 207
• Pertandingan — 208
• Intensitas Latihan — 209
• Ceders (injury) — 209
• Latihan Beban (Weight Training) — 210
• Pro dan Con Program Latihan — 210
• untuk Anak-Anak di Klub — 210
• Penelitian — 211
• Perspektif — 212
• Perbedaan antara Anak dan Orang Dewasa 213
• Identifikasi Dini Potensi Olahraga — 216
DAFTAR PUSTAKA 221
TENTANG PENULIS 225
KEMBALI KE HALAMAN AWALTENTANG PENULIS 225
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar